SELAMAT DATANG DI DESA NGAWI KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI

Artikel

Perpustakaan CERPIN (Cerdas dan Pintar) Desa Ngawi: Meningkatkan Kesejahteraan melalui Literasi dan Inklusi Sosial

13 September 2023 12:17:26  Administrator  190 Kali Dibaca  Berita Desa

ngawi-ngawi.desa.id-Desa Ngawi, yang terletak di Provinsi Jawa Timur, memiliki harta tersembunyi yang berharga untuk penduduknya - Perpustakaan Cerdas dan Pintar (Cerpin) Desa Ngawi. Didirikan pada tahun 2010, perpustakaan ini merupakan gagasan visioner Bapak Kepala Desa, Eko Budi Sudarmanto, yang didukung oleh tim penggerak PKK, PAUD Tunas Bangsa, dan tokoh masyarakat setempat. Dengan terbitnya Surat Keputusan Kepala Desa Nomor 118/015/404.301.13/2010 tertanggal 18 Januari 2010, Perpustakaan Cerpin  Desa Ngawi menjadi kenyataan.

Empat tahun setelah pendiriannya, pada tahun 2014, Perpustakaan Cerpin Desa Ngawi menerima pengakuan dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur berupa hibah. Hibah ini menjadi tonggak penting dalam pengembangan perpustakaan ini, memungkinkan penyediaan sumber daya yang lebih baik untuk masyarakat desa.

Tidak berhenti di situ, pada tahun 2019, Perpustakaan Cerpin Desa Ngawi menjadi penerima program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Ini menandai langkah maju dalam perannya sebagai pusat literasi dan inklusi sosial di masyarakat desa. Perpustakaan ini tidak hanya menjadi tempat untuk membaca buku, tetapi juga menjadi pusat pelatihan yang beragam.

Perpustakaan Cerpin Desa Ngawi aktif dalam memberikan pelatihan kepada masyarakat setempat. Pelatihan-pelatihan ini mencakup berbagai topik, seperti pelatihan mendongeng, pelatihan perawatan jenazah, pelatihan membuat pentol, bedah buku, pelatihan singkat pembawa acara yang baik dan benar, serta banyak lagi.

Selain pelatihan, perpustakaan ini juga menjalankan beberapa program inklusi sosial yang bernilai besar, seperti "SiPUT Sibuk" (Siap Jemput Donasi Buku), yang memfasilitasi pendistribusian buku secara aktif kepada penduduk desa, dan program "Guling P'Nak" (Giliran Sirkulas Keliling Posyandu Anak) yang mendukung perkembangan anak-anak di desa.

Perpustakaan Cerpin Desa Ngawi memiliki visi yang jelas, yaitu "Perpustakaan Desa sebagai Sarana untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat yang Cerdas dan Pintar". Mereka memandang perpustakaan sebagai jembatan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan literasi.

Misi perpustakaan ini mencakup:
- Melayani kegiatan literasi masyarakat desa.
- Menumbuhkan minat dan budaya membaca di kalangan masyarakat desa.
- Menciptakan generasi muda yang cerdas dan berbasis teknologi.
- Menjadi sarana bagi masyarakat desa untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Perpustakaan Cerpin Desa Ngawi adalah teladan nyata bagaimana perpustakaan desa dapat menjadi kekuatan positif dalam memajukan Desa Ngawi. Dengan dedikasi dan semangat inklusi sosial, mereka membuka pintu untuk pengetahuan, keterampilan, dan potensi yang lebih besar bagi penduduk desa Ngawi. 

Jadi, ayo kunjungi Perpustakaan Cerpin Desa Ngawi hari ini. Ini bukan sekadar perpustakaan biasa, tetapi juga tempat yang memacu pertumbuhan, inklusi sosial, dan kesejahteraan Desa Ngawi. Jadikan kunjungan Anda sebagai pengalaman yang unik. Bawa keluarga, teman, atau datang sendiri untuk menjelajahi dunia kata-kata.Bergabunglah dalam perjalanan pengetahuan dan budaya baca, dan bersama-sama kita wujudkan visi cerdas dan pintar untuk desa Ngawi dan Indonesia.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor