SELAMAT DATANG DI DESA NGAWI KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI

Artikel

Antusiasme Murid SDN Ngawi Purba 2 dalam Pelatihan Robotic Kids di Perpustakaan Cerpin

11 Juni 2024 08:11:27  46 Kali Dibaca  Berita Desa
ngawi-ngawi.desa.id- Senin pagi (10/6), perpustakaan Cerpin di Desa Ngawi menjadi saksi antusiasme luar biasa dari murid-murid SDN Ngawi Purba 2 dalam mengikuti Pelatihan Robotic Kids. Acara ini dihadiri oleh sekelompok anak-anak yang sangat bersemangat untuk belajar tentang dunia robotik, yang semakin hari semakin penting dalam perkembangan teknologi modern.
 
Pelatihan ini diisi oleh Fris Frins Pionirissian, pendiri Ngawitekno Robotic and Defense. Sebagai seorang pionir dalam bidang robotika, Fris Frins Pionirissian membawa pengalaman dan pengetahuannya untuk diperkenalkan kepada generasi muda. Beliau memulai sesi dengan pengenalan dasar tentang robotik. "Robotik adalah mesin yang membantu manusia dan dapat dikendalikan," ujar Fris Frins Pionirissian, membuka wawasan anak-anak tentang konsep dasar robotik.
 
Tidak hanya teori, Fris Frins juga menjelaskan tentang bagian-bagian yang diperlukan untuk membuat sebuah robot. Anak-anak diperlihatkan komponen-komponen seperti sensor, aktuator, dan kontroler yang merupakan bagian integral dari sebuah robot. Dengan menggunakan contoh yang konkret, beliau mempresentasikan sebuah robot parking gateway yang telah dibuat sebelumnya. Presentasi ini memberikan gambaran nyata tentang bagaimana teori yang dipelajari dapat diterapkan dalam praktik.
 
Salah satu momen menarik dalam pelatihan adalah ketika Fris Frins Pionirissian mengajak peserta untuk berbagi ide tentang robot yang ingin mereka buat. Salah satu peserta mengungkapkan mimpinya untuk membuat robot pendeteksi maling di rumahnya, menunjukkan bahwa anak-anak tidak hanya memahami konsep tetapi juga mampu mengaplikasikannya pada situasi kehidupan sehari-hari.
 
Setelah sesi tanya jawab, anak-anak diajak untuk mempraktikkan pembuatan robot mobil sederhana secara bersamaan. Aktivitas ini tidak hanya meningkatkan pemahaman mereka tentang cara kerja robot tetapi juga mengasah keterampilan praktis mereka. Melalui bimbingan langsung dari Fris Frins, anak-anak belajar merakit, mengatur, dan menguji robot mobil mereka.
 
Harapan besar disematkan pada pelatihan ini agar bisa terus berlanjut dan menjadi langkah awal bagi anak-anak dalam mengikuti perkembangan teknologi sejak dini. Ismail, salah satu peserta pelatihan, menyampaikan kesannya dengan penuh semangat. "Pelatihannya seru, menyenangkan, dan luar biasa," ujar Ismail, mencerminkan kepuasan dan kegembiraan yang dirasakan oleh para peserta lainnya.
 
Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan minat anak-anak terhadap teknologi dan robotik dapat tumbuh dan berkembang. Pelatihan Robotic Kids ini bukan hanya memberikan pengetahuan tetapi juga menginspirasi anak-anak untuk berani bermimpi besar dan berkontribusi dalam perkembangan teknologi di masa depan.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

 Pemerintah Desa

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. RPH. Pringgo Kusumo No. 05 Ngawi
Desa : Ngawi
Kecamatan : Ngawi
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63218
Telepon :
Email :