SELAMAT DATANG DI DESA NGAWI KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI

Artikel

EcoPrint Batik: Mewarnai Ekonomi dan Budaya di Desa Ngawi

01 Desember 2023 08:59:16  176 Kali Dibaca  Berita Desa
ngawi-ngawi.desa.id-Desa Ngawi, 30 November 2023- Di Jalan Sukowati No. 175, menjadi saksi pelaksanaan pelatihan batik EcoPrint yang digelar pada tanggal 30 November 2023. kolaborasi yang erat antara Pemerintah Desa Ngawi dan Perpustakaan Desa Cerpin Ngawi. Pelatihan ini dihadiri 35 peserta. Sebelum pelatihan dimulai, perpustakaan menyampaikan hasil literasi tentang produk EcoPrint dari buku yang berjudul "Pengelolaan Kain dengan Teknik Ecoprint di Daerah Istimewa Yogyakarta" karya Dr. Noto Pamungkas, M.Si dan Dr. Sri Suryaningsum, S. E., M.Si., Ak., C.A. , menggambarkan kekayaan lingkungan sekitar Desa Ngawi yang dapat dimanfaatkan.
 
Dengan dimulai pukul 07.30, acara ini menghadirkan antusiasme peserta yang datang dengan disiplin.Literasi ini memfokuskan pada daun-daun lokal, dengan sentralitas pada daun jati yang menjadi ciri khas Desa Ngawi yang memiliki pohon jati yang melimpah.
 
"Pemanfaatan daun jati dan daun-daun lokal sebagai bahan EcoPrint bukan hanya menciptakan produk unik, tetapi juga mengangkat keberlanjutan ekologi dan kekayaan alam Desa Ngawi. Ini sejalan dengan upaya kami untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melestarikan lingkungan sekitar," ungkap Nihla perwakilan Perpustakaan Desa Ngawi.
 
Pelatihan ini dipandu oleh seorang yang ahli dalam bidangnya, Bapak Nur Wachid Arifieyanto, seorang manager organization PT Happalestari dan LKP Lukita Lestari serta aktif dalam penggerak kewirausahwan nirlab. Semangat dan dedikasi Pak Arif terlihat sejak awal, dari mendampingi sebelum pelatihan hingga membimbing proses pemasaran kain batik EcoPrint.
 
Proses pelatihan mencakup seluruh rangkaian pembuatan batik EcoPrint, dimulai dari pembuatan warna alam hingga tahap pengukusan. Peserta, yang terdiri dari berbagai lapisan masyarakat desa Ngawi, memperlihatkan antusiasme yang luar biasa dalam memahami dan mengaplikasikan teknik-teknik ini.
 
Pelatihan ini bukan hanya mengajarkan seni batik EcoPrint, tetapi juga membuka pintu bagi peningkatan ekonomi masyarakat desa. Dengan kehadiran pelaku UMKM dan para penggerak ekonomi lokal, diharapkan pelatihan ini dapat menjadi katalisator untuk perkembangan usaha mikro di tingkat desa.
 
 
Pak Eko Budi Sudarmanto, Kepala Desa Ngawi, mengungkapkan harapannya terhadap pelatihan ini. "Kami berharap pelatihan ini tidak hanya menjadi kegiatan sekali waktu, tetapi dapat menjadi titik awal bagi pengembangan industri batik EcoPrint di Desa Ngawi. Dengan demikian, ekonomi masyarakat dapat meningkat secara berkelanjutan."
 
Pelatihan batik EcoPrint di Desa Ngawi bukan hanya tentang seni dan kreativitas, tetapi juga menjadi langkah nyata dalam melestarikan budaya lokal sambil memberikan dampak positif pada perekonomian desa. Semoga hasil dari pelatihan ini tidak hanya terwujud dalam karya seni, tetapi juga dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat desa yang lebih luas.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

 Pemerintah Desa

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor


Kantor Desa
Alamat : Jl. RPH. Pringgo Kusumo No. 05 Ngawi
Desa : Ngawi
Kecamatan : Ngawi
Kabupaten : Ngawi
Kodepos : 63218
Telepon :
Email :