SELAMAT DATANG DI DESA NGAWI KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI

Artikel

Pengajian SELANTANG : Meraih Kualitas Hidup Di Masa Tua

02 November 2023 08:04:11  Administrator  104 Kali Dibaca  Berita Desa

ngawi-ngawi.desa.id-Pada tanggal 11 Oktober 2023, jam 9 pagi WIB, Aula Kantor Desa menjadi saksi sebuah acara pengajian yang sangat istimewa. Acara ini dihadiri oleh sekitar 20 lansia yang datang dengan penuh semangat untuk mendengarkan ceramah yang disampaikan oleh Kyai ikhwani tentang masa-masa paling berat dalam kehidupan manusia.

Pada kesempatan ini, Kyai ikhwani menguraikan tiga masa paling berat yang biasanya dihadapi oleh lansia:

1. Memasuki Usia Tua:
   Pada usia tua, banyak perubahan yang terjadi dalam kehidupan seseorang. Semua tampaknya telah berbalik, pantangan muncul, dan fisik juga mengalami perubahan. Seperti yang pernah diungkapkan oleh Ibnu Abbas, di masa ini seringkali muncul titik jenuh. Oleh karena itu, Kyai ikhwani menyarankan untuk mencari teman sebaya dan berbagi pengalaman dengan mereka. Ini bisa membantu mengatasi rasa sepi dan kesulitan dalam menghadapi perubahan. Selain itu, penting untuk mengendalikan emosi karena orang yang sudah memasuki usia tua sering kali mudah emosi.

2. Mengalami Sakaratulmaut:
   Pada saat kematian menjemput, Al Anam ayat 60 menggambarkan bahwa itu adalah saat seperti tidur yang setiap malam kita alami. Mati sebenarnya adalah bagian dari takdir yang telah ditetapkan oleh Allah. Sholat dan kematian sama-sama adalah momen menghadap Allah. Untuk mempersiapkan diri menghadapi saat itu, Kyai ikhwani menyarankan untuk memperbanyak sholat sunah seperti sholat istikharah dan juga tahajud. Dengan beribadah yang sungguh-sungguh, kita dapat memperoleh banyak pahala dan juga menjaga kesehatan. Ingatlah bahwa kehidupan di dunia hanyalah sementara, sedangkan amal yang dilakukan akan membawa hasil di akhirat.

3. Alam Barzah:
   Ikhwani memberikan solusi dalam menghadapi alam barzah, yaitu periode antara kematian dan kebangkitan di akhirat. Salah satu kunci adalah melakukan amal kebaikan dan bersedekah. Selain itu, penyebaran ilmu juga sangat penting. Dengan berbagi pengetahuan dan mengajarkan kebaikan, kita dapat memperoleh manfaat di alam barzah.

Pengajian ini mengingatkan kita tentang pentingnya persiapan untuk masa-masa berat dalam hidup dan mengingatkan kita untuk tetap beribadah, bersedekah, dan berbagi ilmu sebagai cara untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut. Semoga acara ini memberikan manfaat yang besar bagi para lansia yang hadir dan memberikan inspirasi bagi kita semua.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor