SELAMAT DATANG DI DESA NGAWI KECAMATAN NGAWI KABUPATEN NGAWI

Artikel

Realisasi APBDes Ngawi Tahun 2023

16 Januari 2024 11:43:29  Administrator  106 Kali Dibaca  Berita Desa
ngawi-ngawi.desa.id- Hari  Rabu, 10 Januari 2024, Pemerintah Desa Ngawi kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi mengumumkan realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) untuk tahun 2023. Pemasangan Banner Realisasi APBDes ini di pasang di tiga titik lokasi strategis di Desa Ngawi. Penting untuk dicatat bahwa APBDes Ngawi tahun 2023 bersumber dari berbagai sumber dana, mencakup Dana Desa (DD),  Alokasi Dana Desa (ADD), Bagi hasil pajak dan retribusi Daerah, Pendapatan Asli Desa, Bantuan Keuangan APBD Kabupaten (BK Sarpas dan BK Insentif RT/RW), dan pendapatan lain-lain. Integrasi sumber dana ini menjadi bagian penting dalam merancang APBDes, mengingat variasi sumber daya yang dapat dikelola untuk kepentingan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.
 
Dengan diversifikasi sumber dana tersebut, Pemerintah Desa Ngawi dapat memiliki fleksibilitas lebih dalam menjalankan program-program prioritas sesuai kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Hal ini juga menciptakan kesempatan untuk serta memperkuat sinergi antara pemerintah desa, masyarakat, dan pihak-pihak terkait. Bapak Eko Budi Sudarmanto mengungkapkan harapannya terkait realisasi APBDes Ngawi tahun 2023. " Langkah ini merupakan bagian dari upaya transparansi dalam pengelolaan keuangan desa, memberikan warga masyarakat informasi yang jelas terkait alokasi dana dan penggunaannya. Harapannya pemerintah desa Ngawi dan masyarakat kedepannya bersinergi untuk program-progam desa sehingga desa Ngawi semakin maju" ujar Eko Budi Sudarmanto. 
 
Realisasi APBDes Ngawi tahun 2023 mencatat pendapatan anggaran sebesar Rp.1.802.183.409. Realisasi pendapatan desa Ngawi ini  yang ditetapkan, mencapai Rp. 1.799.622.870,93. Hal ini menunjukkan potensi ekonomi dan sumber daya desa yang dapat dioptimalkan untuk mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat setempat.
 
Sementara itu, anggaran belanja desa Ngawi untuk tahun tersebut mencapai Rp.1.839.965.289,30. Realisasi belanja desa Ngawi, yang mencerminkan penggunaan dana untuk berbagai keperluan seperti infrastruktur, pendidikan, kesehatan, dan lainnya. Realisasi belanja Desa ngawi sebesar 1.828.260.490 dan pembiayaan netto sebesar Rp. 37.781.880,30. Dengan demikian, Silpa (Sisa Lebih Perhitungan Anggaran) desa Ngawi untuk tahun 2023 berdasarkan selisih antara pendapatan dan belanja yang sejauh ini telah tercatat sebesar Rp. 9.144.261,23. Informasi lebih lanjut mengenai Silpa tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran lengkap terkait keseimbangan keuangan desa dan potensi pengembangan proyek-proyek mendatang untuk kesejahteraan bersama.
 
 
 
 
 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Arsip Artikel

 Aparatur Desa

Back Next

 Peta Wilayah Desa

 Peta Lokasi Kantor